Pages

Sabtu, 09 Oktober 2010

Memilih Bisnis yang Cocok


Pertanyaan klasik namun cukup susah dijawab. Apa bisnis yang cocok untuk saya? Nah, jika anda ketemu orang yang bertanya demikian, suruh dia baca ini lalu itu baru baca artikel ini. Setelah tiga artikel tersebut dibaca, saatnya menjawab pertanyaannya yaitu memilih bisnis yang cocok untuk kita.
Ingat, anda harus menemukan jawaban dan menjalankan langkah-langkah di artikel sebelumnya, kalau tidak bisnis yang akan anda jalankan akan hambar dan tanpa ruh. Jadi ndak usah tanya kalau penghasilan anda tak kunjung datang walaupun semua materi cafebisnis telah anda lahap habis. Karena kalau kita kerja tanpa minat, hasilnya juga duit tanpa wujud alias nol.
Bekerjalah karena anda senang mengerjakannya bukan karena anda harus mengerjakannya. Hasilnya mungkin terlihat sama, tapi kerja yang menyenangkan akan lebih memuaskan hasilnya. Oke, kalau sudah nemu minat, udah punya komunitas trus bisnis apa yang cocok?
Pertanyaan untuk anda adalah seberapa besar komunitas itu?
Bila komunitasnya sangat besar bahkan bisa dengan mudah anda temukan di kota-kota anda, maka bisnis publishing seperti blog, forum atau portal berita sangatlah cocok. Biasanya bisnis-bisnis seperti ini penghasilannya tergantung pada banyaknya visitor. Dari blog, forum atau portal anda bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan PPC, penjualan space banner dan mungkin juga program affiliasi sebagai sambilan.
Bahkan kalau artikel anda dalam bahasa Inggris, anda bisa ikut program review atau text link ads.
Sering kan kita temui orang yang membuat blog tapi dilakukan dengan terpaksa hanya untuk mengejar traffic PPC doang? Alhasil, artikelnya garing dan pengunjungnya biasanya kapok untuk datang lagi. Kalaupun masih ada yang datang itu karena dia belum menemukan yang lebih baik. Tapi kalau anda menulis sesuai minat, biasanya tulisannya akan penuh semangat dan mendetil seiring kedalaman ilmu anda.
Bagaimana kalau ternyata komunitas kita peminatnya masih sedikit? Untuk itu saya sarankan anda memilih bisnis penjualan baik affiliasi, reseller maupun dropshipping. Bisnis penjualan tidak membutuhkan banyak pengunjung, yang penting penjualan. Pengunjung sedikit tapi berkantong tebal lebih baik daripada pengunjung banyak tapi hanya cari produk gratis. Jadi kalau minat anda belum banyak yang mengikuti maka maksimalkan penghasilan dengan menjual produk.
Bentuk webnya bisa macam-macam. Mulai toko online, minisite, maupun mengembangkan milis.
Nah, sekarang anda tahu jalan mana yang anda pilih. Selanjutnya tinggal pelajari aja masing-masing bidang sesuai minat. Yang mau bisnis publishing berarti harus belajar soal blog, SEO dan menulis. Kalau yang pilih jalan penjualan berarti harus belajar soal sales letter, HTML dan metode-metode penjualan atau sales marketing.

0 komentar:

Posting Komentar

game